10 SMA Terbaik di Sulawesi Selatan


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Apa kabar teman-teman sekalian, semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dibawa perlindungan Allah SWT. Berhubung kondisi dan situasi yang mendukung, Alhamdulillah saya diterima di Fakultas Kedokteran di salah satu Kampus terbaik di Sulawesi Selatan melalui jalur undangan tentu membuat saya memiliki waktu libur yang lamaaaaa, hehe, libur 4 bulan lumayan lah bikin otak berkarat kalau tidak berkegiatan. Kali ini saya ingin berbagi serta mengulas sekolah menengah atas apa saja yang menjadi primadona bagi masyarakat Sulawesi Selatan dan dapat dikatakan sebagai sekolah terbaik di daerah ini. Dalam tulisan ini, saya sama sekali tidak bermaksud untuk mendiskreditkan sekolah tertentu, tulisan ini murni pendapat pribadi saya , dan dibuat buat untuk adik-adik SMP sebagai referensi serta bahan pertimbangan dalam melanjutkan studinya, serta sebagai wahana bagi penulis  untuk mengisi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat . Nah, langsung saja kita masuk ke intinya…


1. SMA Negeri  5 Gowa ( Eks SMAN 2 Tinggimoncong, SMA Andalan Sulawesi Selatan )
             
            Sekolah yang lahir atas inisiasi dari tokoh cendekiawan Sulsel ini, Bapak Bj. Habibie d.kk memang layak dinobatkan sebagai Sekolah terbaik di Sulawesi Selatan. Cita-cita untuk mengumpulkan siswa-siswa cerdas Sulsel di suatu tempat yang terpencil dari pengaruh luar telah terwujud dengan lahirnya sekolah yang bernama Smudama. Seluruh sistem yang ada di Smudama telah tertata sedemikian rupa sehingga sekolah ini bisa mencetak generasi yang unggul di seluruh sendi kehidupan dan matang untuk menjadi seorang pemimpin. Terbukti dengan prestasi-prestasi yang telah diraih, baik di ajang Olimpiade Sains maupun bidang lainnya, di jenjang nasional sampai Internasional. Bahkan wakil presiden Republik Indonesia, Bapak Jusuf Kalla kaget ketika memasuki kantor sekolah ini, katanya beliau sampai tidak dapat membedakan antara kantor dan toko piala. Tidak Cuma di bidang akademik, Smudama terbilang eksis di masyarakat sebagai sekolah yang berahklak serta berkepribadian unggul, kaget saya ketika menunggu sholat Jumat tiba-tiba seorang bapak datang dan langsung bertanya,” Dari Tinggimoncong nak ?”, katanya bapak itu bisa tau hanya karena melihat garis setrika celana saya yang cadas, disamping itu saya memang menggunakan baju YPL Kotak-kotak biru, hehe. Alumni Smudama juga sudah tersebar ke seluruh dunia, senang sekali rasanya ditraktir makan oleh alumni yang jauh beda jaraknya kalau pergi lomba ke luar kota. Namun terlepas dari itu semua, memang ada hal yang membuat Smudama menjadi Never Ending Story… Penasaran ? , Makanya ayo masuk Smudama ! 
Untuk info lebih lanjut seperti prestasi d.ll, kalian bisa liat di Instagram @Smudama

2. SMA Islam Athirah Bone
                
                  Sekolah yang terletak di Kabupaten Bone ini adalah salah satu sekolah yang paling berprestasi di Sulawesi Selatan, menjadi saingan yang kompetitif bagi kami. Beberapa teman saya juga sekolah di Athirah Bone ini, mendengar cerita-cerita dari mereka, dapat saya tarik kesimpulan bahwa SMA Islam Athirah Bone adalah salah satu sekolah yang sangat direkomendasikan untuk adik-adik SMP. Kelebihan yang menonjol yang saya perhatikan dari SMA Athirah Bone ini adalah siswanya yang mampu menghafal Ayat Suci Al-Qura’an tanpa kehilangan kesempatan untuk juga berprestasi di bidang akademik. SMA Islam Athirah Bone juga merupakan sekolah berasrama yang tentunya mempunyai pola pembinaan tersendiri yang kurang saya ketahui, tapi melihat perubahan dari teman SMP saya yang sekolah di sana, mereka terlihat lebih sopan dan santun serta tambah keren, hehe.

3. SMA Katolik Rajawali Makassar

                SMA Katolik Rajawali juga merupakan salah satu sekolah yang paling berprestasi di Sulsel, terutama dalam bidang Olimpiade Sains, sekolah yang akrab disapa Smakara ini tak jarang meloloskan siswanya sampai ke jenjang internasional. Melihat kondisi sekolahnya juga waktu saya pergi bertanding ke sana, nampaknya Sekolah ini ditunjang dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, utamanya dalam pembimbingan Olimpiade. SMA ini juga merupakan saingan kami yang sangat kompetitif, terutama dalam bidang Kimia.

4. SMA Negeri 17 Makassar
                
               SMA yang akrab disapa Jubels ini terkenal dengan julukannya sebagai SMA Unggulan Kota Makassar, bukan hal yang tidak mendasar sehingga sekolah ini mendapat predikat seperti itu, siswa-siswanya yang juga berprestasi, sistem serta fasilitas sekolah yang cukup baik merupakan beberapa alasannya. Sekolah ini juga terkenal dengan siswanya yang banyak lulus di kampus-kampus terbaik di seluruh Indonesia. SMA 17 juga tak jarang meloloskan siswanya di ajang Olimpiade Sains Nasional.

5. SMA Negeri 2 Pangkajene

                SMAN 2 Pangakajene merupakan sekolah yang menjadi unggulan kabupaten Pangkep, membuka juga asrama untuk mengakomodir siswa-siswa yang berasal dari daerah yang cukup jauh. Prestasi dari sekolah ini juga terbilang banyak. Sekolah ini juga memiliki semangat berprestasi yang sangat besar, pernah saya mendengar dari gurunya bahwa katanya mereka berangkat subuh dari Pangkep untuk mengikuti lomba di Makassar. SMA ini juga merupakan saingan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. SMA Yang juga mengalami perubahan nomenklatur menjadi SMAN 11 Pangkep ini juga tak jarang meloloskan siswanya ke ajang Olimpiade Sains Nasional.

6. SMA Negeri 5 Pare-Pare
7. SMA Negeri 1 Takalar
8. SMA Negeri 1 Makale
9. SMA Negeri 5 Makassar
10. SMA Kristen Barana


             Yahh… itulah ulasan saya mengenai sekolah menengah atas yang terbaik di Sulawesi Selatan, tentunya setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terlepas dari itu, pastinya setiap sekolah yang ada di Sulsel ini punya tujuan yang sama, yaitu mencetak generasi terbaik untuk membawa Sulawesi Selatan ke arah masa depan yang lebih cemerlang, dan satu hal yang harus diingat, tak peduli di mana kita bersekolah, selama kita bisa bekerja lebih keras dari pekerja keras yang bekerja lebih keras dari pekerja yang lebih keras, tentunya kita yang akan menjadi yang terbaik.

Sekian, Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu 


7 comments:

  1. Kalau SMA Negeri 3 Takalar ,Masuk Nggak Kak,Padahal Siswanya Banyak Yg Bolak Balik Kejakarta Untuk Mengadakn Lomba,Bahkan Ada Siswanya Yg Pernah Meraih Juara Olimpiade Sains Internasional

    ReplyDelete
  2. Apakah kalian masih bingung memilih jurusan? Yuk dalami pilihanmu di universitas kami dan akses informasi dapat dicek di Pendaftaran UNAIR Selamat Berjuang! :)

    ReplyDelete
  3. Mantap, Sma 2 Malino memang Juara

    ReplyDelete
  4. Salah satu sma palopo nggak ada ya

    ReplyDelete