Website
Sebagai Sarana Menguasai Ekonomi Dunia di Era Digital
Oleh
: Muhammad Radhi Siriwa
Pernahkah
anda mengunjungi toko, pasar atau swalayan ? atau pernahkah anda mengurus
sesuatu di kantor suatu instansi, bank, sekolah, rumah sakit dan sebagainya ?
apa yang paling pertama anda perhatikan ?. Tentu saja sebagian dari kita
melihat tampilan luarnya terlebih dahulu seperti kebersihan ruangan,keamanan,keindahan
arsitektur atau pajanan-pajanan lukisan yang ditampilkan untuk menentukan hati
bahwa kita akan mempercayai toko atau instansi tersebut untuk menjadi mitra
kita. Apa jadinya jika ingin memeriksakan kesehatan namun rumah sakit yang
dikunjungi sangatlah jorok, tentu saja kita akan segera pergi dan mencari rumah
sakit yang lebih dapat dipercaya.
Hal yang sama terjadi pada zaman modern seperti sekarang, dimana kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara manusia dalam melakukan transaksi bisnis baik itu di bidang materi maupun jasa. Telah dikenal istilah yang semuanya berawalan (E) yang merupakan abreviasi dari kata Electronic, seperti E-commerce,E-Government,E-marketing dan sebagainya, kata-kata tersebut tentunya tidak muncul begitu saja, pastinya ada alasan konsekuensi sehingga istilah tersebut lahir. Dan sampai saat ini konklusi yang semua masyarakat pahami adalah karena telah berubahnya sebagian besar tren bisnis yang ada di masyarakat dari yang dulunya masih konvensional dengan metode pertemuan tatap muka dan jabat tangan, menjadi konsensi yang lebih modern seperti klik dan transfer.
Hal yang sama terjadi pada zaman modern seperti sekarang, dimana kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara manusia dalam melakukan transaksi bisnis baik itu di bidang materi maupun jasa. Telah dikenal istilah yang semuanya berawalan (E) yang merupakan abreviasi dari kata Electronic, seperti E-commerce,E-Government,E-marketing dan sebagainya, kata-kata tersebut tentunya tidak muncul begitu saja, pastinya ada alasan konsekuensi sehingga istilah tersebut lahir. Dan sampai saat ini konklusi yang semua masyarakat pahami adalah karena telah berubahnya sebagian besar tren bisnis yang ada di masyarakat dari yang dulunya masih konvensional dengan metode pertemuan tatap muka dan jabat tangan, menjadi konsensi yang lebih modern seperti klik dan transfer.
Dari
semua hal yang terjadi tersebut, paradigma yang barupun muncul, dimana kantor
suatu instansi atau toko suatu produk akan direpresentasikan kepada hal yang
baru secara virtual, bukan lagi sebagai bangunan dan sebagainya. Dan masyarakat
sebagai konsumen sepakat bahwa untuk menjadi percaya dan yakin untuk melakukan
transaksi secara online, maka yang pertama yang harus kita perhatikan adalah website dari perusahaan tersebut.
Seperti yang dibahas di awal, bahwasahnya konsumen akan memilih mitra yang
dapat mereka percaya, layaknya rumah sakit yang bersih dan sehat sebagai tempat
untuk memeriksa kesehatan, website pun begitu, kriteria website mitra terbaik sedikit banyaknya
telah ditentukan dan dapat diukur melalui Webqual
4.0. Webqual merupakan
metode pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna
akhir atau dalam hal ini masyarakat ke dalam 3 area yaitu, usability (mutu), information
quality (kualitas informasi), dan Service Interaction(mutu dari interaksi pelayanan ).
Dari hasil literature searching yang penulis
lakukan, penulis mendapatkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa yang
menyelesaikan program sarjana dengan skripsinya di Universitas Telkom dan
Universitas Brawijaya, penulis mendapatkan bahwa hasil tanggapan konsumen
terhadap kualitas suatu website secara keseluruhan menunjukkan kategori baik
dengan persentase skor sebesar 75.5%. Persentase tertinggi terdapat pada sub
variabel usability dengan skor sebesar 76.2% dan diikuti oleh information
quality dengan skor sebesar 75.3%. Sedangkan persentase skor terendah
terdapat pada sub variabel service interaction quality sebesar 75.1%
.Dan secara umum dapat disimpulkan bahwa kualitas website yang baik memiliki
pengaruh signifikan dan terbukti mampu mempengaruhi konsumen dalam pengambilan
keputusan dalam melakukan pembelian pada suatu website ecommerce.
Ada beberapa pebisnis yang sebenarnya sudah setuju
dengan statement bahwa website sejatinya sangatlah penting untuk kemajuan
bisnis secara online. Namun dalam kesepahamannya, ia terkurung bingung dan
terkekang akan bagaimana cara membuat website yang baik dan keren sesuai dengan
3 kriteria dari webqual 4.0. Seperti kata pepatah, jika engkau tak tau arah,
maka bertanyalah, bertanya ke siapa ? tentu saja ke ahlinya. Penulis mengamati
bahwa standar tersebut akan sangat mudah dipenuhi oleh salah satu agensi
pengembang brand dan website terbaik di Indonesia, yaitu grapiku.com , dengan
keunggulan website, seperti tampilan modern dan berkarakter yang menyesuaikan
antara keinginan penjual dengan pengalaman konsumen,telah dioptimalisasi sedemikian rupa dengan
teknologi yang muktahir mulai dari riset kata kunci yang mendalam sampai
penambahan kode khusus yang terstruktur untuk meningkatkan konversi penjualan
sehingga website tidak hanya dirancang untuk desain yang menarik namun juga
benar-benar bekerja untuk mendatangkan pelanggan dan keuntungan.
Tak hanya sampai di situ,
keunggulan grapiku sebagai agen jasa pembuatan website berkualitas dapat
dilihat dari 12 penjabaran manfaat yang dapat menunjang bisnis kita ke
depannya. Dengan rincian sebagai berikut:
1.
Fasilitas editor untuk mengembangkan konten website dengan mudah dan
cepat.
2.
Desain profesional sesuai brand dan responsive di berbagai ukuran layar
perangkat.
3.
Proteksi website dari ancaman hacker, cracker, dll. Menjamin
web hidup 24 jam nonstop.
web hidup 24 jam nonstop.
4.
Konten marketing dengan pendalaman riset kata kunci agar web tampil di
laman 1 Google (+ SEO)
5.
Harga penawaran kompetitif untuk
Anda atau sesuaikan dengan budget anda.
6.
Waktu pembuatan website yang cepat (rata-rata 10 – 14 hari kerja).
7.
Optimasi database dan konfigurasi caching yang pas agar loading cepat.
8.
Web terintegrasi dengan sosial media & direktori bisnis untuk
meningkatkan penjualan.
9.
Panduan dalam pengelolaan web mandiri via ebook atau secara langsung.
10.
Monitoring mudah dengan Google Analytics & Google Webmaster tools.
11.
Fokus pada kepuasan pelanggan.
12.
Bantuan jarak jauh 24/7 jika anda mengalami kendala teknis & ingin
konsultasi marketing.
Dari semua keunggulan dan
manfaat yang disediakan grapiku, tentu saja website yang dihasilkan telah
memenuhi dan melampaui standar dikatakannya suatu website berkualitas. Dibuktikan
dengan diraihnya penghargaan SOTM ( Site Of The Month ) oleh Grapiku pada
September 2018 pada ajang IWA ( Indonesia Website Awards ) tahun 2018.
Dengan platform jasa
pembuatan website berkualitas seperti grapiku, maka tentu saja akan sangat
membantu para pebisnis dan influencer Indonesia yang ingin terjun ke
dalam dunia bisnis revolusi 4.0. Dan secara tak langsung pun akan membantu
pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama di bidang digital atau online karena
dengan pertumbuhan ekonomi secara digital yang begitu pesat, masyarakat
Indonesia akan mendapatkan manfaat positif seperti pertumbuhan kesejahteraan,
pertumbuhan lapangan kerja baru dan lain-lain. Dengan demikian Indonesia tidak
lagi sekadar menjadi target pasar bisnis internasional, tetapi sebaliknya dapat
menjadi pengusaha e-commerce yang mumpuni hingga menjangkau
pasar luar negeri.
Contoh Essay Website Sebagai Sarana Menguasai Ekonomi Dunia di Era Digital
Contoh Essay Website Sebagai Sarana Menguasai Ekonomi Dunia di Era Digital
0 komentar:
Post a Comment