Contoh Essay Website Sebagai Sarana Menguasai Ekonomi Dunia di Era Digital



Website Sebagai Sarana Menguasai Ekonomi Dunia di Era Digital
Oleh : Muhammad Radhi Siriwa

Pernahkah anda mengunjungi toko, pasar atau swalayan ? atau pernahkah anda mengurus sesuatu di kantor suatu instansi, bank, sekolah, rumah sakit dan sebagainya ? apa yang paling pertama anda perhatikan ?. Tentu saja sebagian dari kita melihat tampilan luarnya terlebih dahulu seperti kebersihan ruangan,keamanan,keindahan arsitektur atau pajanan-pajanan lukisan yang ditampilkan untuk menentukan hati bahwa kita akan mempercayai toko atau instansi tersebut untuk menjadi mitra kita. Apa jadinya jika ingin memeriksakan kesehatan namun rumah sakit yang dikunjungi sangatlah jorok, tentu saja kita akan segera pergi dan mencari rumah sakit yang lebih dapat dipercaya.

 Hal yang sama terjadi pada zaman modern seperti sekarang, dimana kemajuan teknologi telah mempengaruhi cara manusia dalam melakukan transaksi bisnis baik itu di bidang materi maupun jasa. Telah dikenal istilah yang semuanya berawalan (E) yang merupakan abreviasi dari kata Electronic, seperti E-commerce,E-Government,E-marketing dan sebagainya, kata-kata tersebut tentunya tidak muncul begitu saja, pastinya ada alasan konsekuensi sehingga istilah tersebut lahir. Dan sampai saat ini konklusi yang semua masyarakat pahami adalah karena telah berubahnya sebagian besar tren bisnis yang ada di masyarakat dari yang dulunya masih konvensional dengan metode pertemuan tatap muka dan jabat tangan, menjadi konsensi yang lebih modern seperti klik dan transfer.

Dari semua hal yang terjadi tersebut, paradigma yang barupun muncul, dimana kantor suatu instansi atau toko suatu produk akan direpresentasikan kepada hal yang baru secara virtual, bukan lagi sebagai bangunan dan sebagainya. Dan masyarakat sebagai konsumen sepakat bahwa untuk menjadi percaya dan yakin untuk melakukan transaksi secara online, maka yang pertama yang harus kita perhatikan adalah website dari perusahaan tersebut. Seperti yang dibahas di awal, bahwasahnya konsumen akan memilih mitra yang dapat mereka percaya, layaknya rumah sakit yang bersih dan sehat sebagai tempat untuk memeriksa kesehatan,  website pun begitu, kriteria website mitra terbaik sedikit banyaknya telah ditentukan dan dapat diukur melalui Webqual 4.0. Webqual merupakan  metode  pengukuran  kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir atau dalam hal ini masyarakat ke dalam 3 area yaitu, usability (mutu), information quality (kualitas informasi), dan Service Interaction(mutu dari interaksi pelayanan ).

Dari hasil literature searching yang penulis lakukan, penulis mendapatkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa yang menyelesaikan program sarjana dengan skripsinya di Universitas Telkom dan Universitas Brawijaya, penulis mendapatkan bahwa hasil tanggapan konsumen terhadap kualitas suatu website secara keseluruhan menunjukkan kategori baik dengan persentase skor sebesar 75.5%. Persentase tertinggi terdapat pada sub variabel usability dengan skor sebesar 76.2% dan diikuti oleh information quality dengan skor sebesar 75.3%. Sedangkan persentase skor terendah terdapat pada sub variabel service interaction quality sebesar 75.1% .Dan secara umum dapat disimpulkan bahwa kualitas website yang baik memiliki pengaruh signifikan dan terbukti mampu mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian pada suatu website ecommerce.

Ada beberapa pebisnis yang sebenarnya sudah setuju dengan statement bahwa website sejatinya sangatlah penting untuk kemajuan bisnis secara online. Namun dalam kesepahamannya, ia terkurung bingung dan terkekang akan bagaimana cara membuat website yang baik dan keren sesuai dengan 3 kriteria dari webqual 4.0. Seperti kata pepatah, jika engkau tak tau arah, maka bertanyalah, bertanya ke siapa ? tentu saja ke ahlinya. Penulis mengamati bahwa standar tersebut akan sangat mudah dipenuhi oleh salah satu agensi pengembang brand dan website terbaik di Indonesia, yaitu grapiku.com , dengan keunggulan website, seperti tampilan modern dan berkarakter yang menyesuaikan antara keinginan penjual dengan pengalaman konsumen,telah dioptimalisasi sedemikian rupa dengan teknologi yang muktahir mulai dari riset kata kunci yang mendalam sampai penambahan kode khusus yang terstruktur untuk meningkatkan konversi penjualan sehingga website tidak hanya dirancang untuk desain yang menarik namun juga benar-benar bekerja untuk mendatangkan pelanggan dan keuntungan.

Tak hanya sampai di situ, keunggulan grapiku sebagai agen jasa pembuatan website berkualitas dapat dilihat dari 12 penjabaran manfaat yang dapat menunjang bisnis kita ke depannya. Dengan rincian sebagai berikut:
1.      Fasilitas editor untuk mengembangkan konten website dengan mudah dan cepat.
2.      Desain profesional sesuai brand dan responsive di berbagai ukuran layar perangkat.
3.      Proteksi website dari ancaman hacker, cracker, dll. Menjamin
web hidup 24 jam nonstop.
4.      Konten marketing dengan pendalaman riset kata kunci agar web tampil di laman 1 Google (+ SEO)
5.       Harga penawaran kompetitif untuk Anda atau sesuaikan dengan budget anda.
6.      Waktu pembuatan website yang cepat (rata-rata 10 – 14 hari kerja).
7.      Optimasi database dan konfigurasi caching yang pas agar loading cepat.
8.      Web terintegrasi dengan sosial media & direktori bisnis untuk meningkatkan penjualan.
9.      Panduan dalam pengelolaan web mandiri via ebook atau secara langsung.
10.  Monitoring mudah dengan Google Analytics & Google Webmaster tools.
11.  Fokus pada kepuasan pelanggan.
12.  Bantuan jarak jauh 24/7 jika anda mengalami kendala teknis & ingin konsultasi marketing.

Dari semua keunggulan dan manfaat yang disediakan grapiku, tentu saja website yang dihasilkan telah memenuhi dan melampaui standar dikatakannya suatu website berkualitas. Dibuktikan dengan diraihnya penghargaan SOTM ( Site Of The Month ) oleh Grapiku pada September 2018 pada ajang IWA ( Indonesia Website Awards ) tahun 2018.

Dengan platform jasa pembuatan website berkualitas seperti grapiku, maka tentu saja akan sangat membantu para pebisnis dan influencer Indonesia yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis revolusi 4.0. Dan secara tak langsung pun akan membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia terutama di bidang digital atau online karena dengan pertumbuhan ekonomi secara digital yang begitu pesat, masyarakat Indonesia akan mendapatkan manfaat positif seperti pertumbuhan kesejahteraan, pertumbuhan lapangan kerja baru dan lain-lain. Dengan demikian Indonesia tidak lagi sekadar menjadi target pasar bisnis internasional, tetapi sebaliknya dapat menjadi pengusaha e-commerce yang mumpuni hingga menjangkau pasar luar negeri.

Contoh Essay Website Sebagai Sarana Menguasai Ekonomi Dunia di Era Digital

Penelusuran yang terkait dengan essay pentingnya website




0 komentar:

Post a Comment